Senin, 01 April 2019

SMK Binkara Bentuk Ekskul Jurnalistik


CUGENANG - SMK Bina Karya Bangsa (Binkara) Cianjur bakal membentuk Ekstrakurikuler (Ekskul) Jurnalistik di Tahun Ajaran 2019 - 2020. Tujuannya untuk mewadahi bakat di bidang jurnalistik dan mengajarkan siswa memfilter hoaks.

Guru Bahasa Indonesia SMK Binkara, Moch Reza Fauzie, mengatakan saat ini pembentukan ekskul sedang dalam tahap pendataan anggota dari kelas X dan XI. Dalam Ekskul Jurnalistik akan diajarkan acara mencatat peristiwa dan menuliskannya dalam bentuk berita.

"Kegiatan menulis yang semula hanya berlangsung di kelas akan berbeda dengan menulis pada kegiatan ekskul. Selain tidak dibatasi jam pelajaran, siswa juga praktik langsung ke lingkungan untuk belajar reportase," paparnya kepada Cianjur Ekspres, kemarin (20/2).

Reza menambahkan, nantinya media untuk memublikasikan hasil reportase siswa menggunakan majalah dinding (mading) atau website sekolah. Sarana untuk menunjang kegiatan pun sudah disediakan.

"Contohnya laboratorium komputer, kamera, dan mading sudah disiapkan. Nanti siswa diajarkan membuat berita untuk media daring atau cetak," tambahnya.

Untuk memfilter hoaks, siswa diajarkan cara mengenali dan menganalisis suatu berita. Hal ini penting untuk menangkal hoaks bagi kaum milenial.

"Terlebih di media sosial banyak berita yang tersebar meskipun belum tahu kebenarannya," tandasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan

Visi dan Misi SMK Binkara Cianjur